• Kamis, 21 Oktober 2021

Pemerintah Pusat Turun Tangan Atasi Persoalan Banjir Musiman di Kota Cilegon

- Senin, 4 Oktober 2021 | 19:50 WIB
Penandatanganan MoU antara Balai Jalan Nasional Banten, Pemkot Cilegon dan PT KSI Dalam Mengatasi Persoalan Banjir di Kota Cilegon (Zainal Mutakin)
Penandatanganan MoU antara Balai Jalan Nasional Banten, Pemkot Cilegon dan PT KSI Dalam Mengatasi Persoalan Banjir di Kota Cilegon (Zainal Mutakin)

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Pemerintah Pusat akhirnya turun tangan untuk mengatasi permasalahan banjir musiman yang kerap terjadi di Kota Cilegon.

Melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banten, Pemerintah Pusat menggelontorkan anggaran sebesar Rp17 miliar untuk membangun dan memperbaiki gorong-gorong di jalan nasional yang ada di Kecamatan Citangkil hingga Ciwandan.

Dalam menangani permasalahan banjir tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Pemkot Cilegon, Balai Pelaksana Jalan Nasional Banten, serta PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) di Ruang Rapat Walikota Cilegon, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Banjir Musiman Masih Menjadi Pekerjaan Rumah Bagi Pemerintah Kota Cilegon

Hal itu sebagai salah satu upaya dalam mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di Cilegon agar dapat diselesaikan mulai dari hulu sampai hilir.

Kepala Balai Jalan Nasional Banten Wida Nurfaida mengatakan, anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui Bendahara Umum Negara (BUN) itu, digunakan untuk memperbesar saluran air di 12 titik disepanjang jalan menuju kawasan wisata Anyer tersebut.

“Penangannya karena kami hanya di zona jalan, jadi hanya di sepanjang ROW (Right of Way) berupa box nya, dimensi boxnya diperbesar, karena sebelumnya kurang besar, terus kalau yang daerahnya memerlukan reasing, maka badan jalannya di reasing,” kata Wida usai penandatanganan MoU.

Baca Juga: Ribuan Rumah di Pulomerak Terendam Banjir

Wida menuturkan, perbaikan tersebut akan dilakukan secara bertahap, dimana penanganan di 12 titik yang dilaksanakan tahun ini, merupakan prioritas di daerah yang paling sering terdampak banjir.

Halaman:

Editor: Zainal Mutakin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X