Bantu Warga, Relawan RAM Terjunkan Exsavator ke Lokasi Longsor

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Banjir bandang yang menerjang Kota Cilegon Senin (4/4/2020) lalu masih menyisakan duka yang mendalam bagi korban....

Sejumlah rumah warga di Gerem, Kecamatan Grogol rusak parah, material tanah dan bebatuan menghantam perkampungan, serta menutupi gorong-gorong dan selokan di wilayah itu.

Keadaan itu mengundang reaksi simpatik dari berbagai pihak, salah satunya Relawan Ratu Ati (RAM) Kecamatan Grogol berkolaborasi dengan Aliansi Pengusaha Gerem (APG).

Mereka langsung menurunkan dua exsavator dan tiga mobil dump truk untuk membersihkan material tanah dan mengangkut kuari-nya.

Ketua APG sekaligus Ketua RAM Grogol, Nikmatulloh, Selasa (5/5/2020) malam menuturkan, aksi kepedulian sosial itu dilakukan secara spontan beberapa saat setelah banjir bandang itu datang.

“Senin (4/5/2020) malam kita langsung terjun ke lokasi musibah. Mulai dari Watu Lawang, Kagungan dan titik lainnya,” terang Nikmatulloh.

“Selain itu, kita akan bergerak ke Kampung Kawista. Gorong-gorong menyempit tertimbun longsoran. Karenanya setelah dari Watu Lawang kita akan selesaikan gorong-gorong yang tertimbun material longsor tadi,” tuturnya.

Ia menambahkan, material longsor pegunungan itu tumpah ke perkampungan yang merusak lingkungan perkampungan.

“Longsornya kan dari pegunungan. Longsoran itulah yang kita bersihkan,” imbuhnya.

Selain membersihkan material longsor, Relawan RAM yang berkolaborasi dengan Aliansi Pengusaha Gerem (APG) juga membagikan sembako, nasi bungkus buat berbuka puasa, hingga makan sahur.

“Kami bergerak bersama warga dan berkolaborasi dengan APG. Tentu ini semua belum cukup karena kami bergerak sesuai kemampuan kami. Karenanya, kami mengajak semua pihak untuk juga turun membantu saudara-saudara,” kata dia.

Masih kata Nikmatulloh, Relawan RAM masih akan bekerja membersihkan material sisa longsoran hingga empat hari kedepan.

“Masih sekitar empat hari lagi. Mudah-mudahan selesai,” pungkasnya sembari menambahkan exsavator akan bergerak untuk membersihkan sebuah kali yang tertimbun puing-puing pepohonan besar yang roboh.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: