Basarnas Siagakan 3 Unit Kapal Patroli Selama Nataru di Merak-Bakauheni

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI siagakan 3 unit kapal patroli disepanjang perlintasan penyeberangan Pelabuhan Merak Banten hingga Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Tiga Kapal Patroli yang terdiri dari Kapal KN SAR Basuweda, Kapal KN SAR Drupada dan Kapal KN SAR Karna, disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan selama libul Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Kepala Badan SAR Nasional Republik Indonesia Marsekal Madya Bagus Puruhito mengatakan, selain menyiagakan 3 unit kapal patroli, 1 unit helikopter juga disediakan di Pelabuhan Bakauheni Lampung untuk keadaan darurat.

“Selain menyiagakan petugas Basarnas. kita juga siagakan sebanyak 3 Kapal di Pelabuhan Merak dan satu unit Helikopter di Bakahueni Lampung. Itu disiagakan untuk digunakan Patroli secara bergantian,” kata Marsekal Madya Bagus saat ditemui usai mengecek kesiapan petugas dan alat-alat yang akan digunakan patroli selama Nataru di Pelabuhan Merak, Sabtu (21/12/2019).

Selain menyiagakan alat-alat SAR. Pihak Basarnas juga menyiagakan sejumlah personil di tempat wisata yang ada di Banten.

“Demikian juga SAR di darat kita siagakan di lokasi wisata, seperti di Anyer, dan Pandeglang,” ujar Marsekal Madya Bagus.

Marsekal Madya Bagus juga menuturkan, Potensi SAR selalu ada disetiap lokasi. Karena saat ini sudah memasuki musim hujan, yang akan mengakibatkan banjir dan longsor. Oleh karena itu, petugas SAR harus tetap siaga.

“Sekarang kan musim hujan, musim longsor dan musim banjir. Dan itu menjadi salah satu kesiapsiagaan Basarnas termasuk SAR yang ada di Banten ini,” tuturnya.

Bagus mengungkapkan, selama mengamankan libur Nataru. Pihaknya, mendirikan pos siaga Nataru sebanyak 353 pos dengan melibatkan sebanyak 4.500 personil.

“Kita membuka pos siaga Nataru sebangak 353 pos dengan melibatkan sebanyak 4.500 personil. Khusus di pelabuhan Merak kita mendirikan sebanyak 35 pos siaga Nataru, 3 Kapal dengan ABK nya dan perbantuan personil dari SAR Jakarta sebanyak 11 personil,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
BantenCilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: