Bawaslu RI Monitoring Kesiapan Hadapi Pilkada Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Unsur pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI kunjungi Kantor Bawaslu Cilegon dalam rangka monitoring kesiapan jajaran Bawaslu dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serantak 2020....

Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, beserta Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Rahmat Bagja, didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudi dan jajaran bertemu langsung dan menggelar diskusi dengan jajaran Bawaslu Kota Cilegon, Jumat (10/7/2020) malam.

Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, dalam melaksanakan tugas sebagai supervise, pihaknya ingin memastikan seluruh jajaran Bawaslu di tingkat provinsi dan kabupaten/kota sudah melakukan tugas-tugas pengawasan.

“Karena kita sudah masuk di tahapan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan di Kota Cilegon ini,” kata Ratna Dewi, pada konferensi pers di Media Centre Bawaslu Cilegon, Jumat (10/7/2020).

Ratna Dewi menyampaikan, jajaran Bawaslu Kota Cilegon, harus sudah bisa mendeteksi potensi pelanggaran dan sengketa yang akan terjadi selama tahapan dan pelaksanaan Pilkada.

Terlebih, Pada Pilkada Cilegon 2020 ada tiga pasangan bakal calon dari jalur perseorangan yang sedang mengikuti verifikasi faktual dukungan, ditambah dengan pasangan bakal calon yang akan maju melalui jalur partai politik.

“Kita harus memastikan jajaran kita sudah siap untuk melaksanakan tugas itu nanti, karena kita tahu kita punya batasan waktu dalam melakukan penegakan hukum,” tutur Ratna Dewi.

Ratna juga mengatakan, saat ini Bawaslu sebagai regulator, tengah mempersiapkan perangkat hukum teknis berupa Peraturan Bawaslu yang berkaitan khusus dengan kondisi pandemi Covid-19, untuk diselaraskan dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 tahun 2020.

“Kami sudah memproses Perbawaslu yang berkaitan khusus dengan kondisi pandemi Covid-19, jadi menyusul sekarang proses harmonisasi dan menunggu Peraturan Bawaslu, pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa di Pilkada di masa pandemi Covid-19,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonPolitik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: