Dindik Perpanjang Masa Belajar Siswa di Rumah

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Akibat penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) yang semakin bertambah, Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon perpanjang masa belajar siswa di rumah....

Kegiatan pembelajaran siswa di rumah, sebelumnya dilaksanakan sampai 30 Maret 2020. Namun, dengan kondisi penyebaran wabah Covid-19 yang terus meningkat, Dindik Cilegon secara resmi memperpanjang masa tersebut.

Dindik secara resmi mengeluarkan surat edaran nomor: 800/474-Dindik, tentang Perpanjangan Panjangan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala Dindik Cilegon, Ismatullah, disebutkan kegiatan pembelajaran di rumah diperpanjang hingga 20 Mei 2020.

“Surat edaran Dindik baru terbit tadi pagi, kalau edaran dari walikota kan sampai 29 Mei, tapi karena kita punya rangkaian sebelum 29 mei itu,” kata Ismatullah saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Jumat (27/3/2020).

Ismat menjelaskan, proses belajar dari rumah dilaksanakan melalui pembelajaran daring atau jarak jauh, untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

Namun kegiatan belajar di rumah tersebut, siswa tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

“Pada prinsipnya dengan situasi adanya corona ini, juga memberikan pembelajaran kepada siswa di Kota Cilegon untuk bisa lebih mandiri dengan bantuan dan bimbingan orang tuanya,” jelasnya.

Dengan adanya peristiwa ini, ungkap Ismatullah, diharap orang tua dapat mengerti dan paham tugas guru dalam memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada siswa.

Selain itu, peran dalam mengawasi siswa selama masa belajar di rumah, butuh dukungan dari semua pihak, selain orang tua diharapkan intansi terkait lainnya dapat mendukung terlaksananya kegiatan.

“Ini juga semoga menyadarkan kita semua, bahwa saling menghargai posisi masing-masing. Jadi dalam penerapan ini butuh dukungan semua pihak,” ujarnya.

Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: