Dindik Targetkan Bangun Gedung SMPN 12 Cilegon Pada 2022

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon tergetkan pembangunan gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 12 Cilegon dimulai pada tahun 2022....

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dindik Cilegon, Ismatullah saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/7/2020).

Ismatullah mengatakan, perencanaan untuk pembebasan lahan SMPN 12 Cilegon yang berlokasi di Kecamatan Purwakarta, sedianya sudah dilaksanakan pada tahun 2020, namun keinginan tersebut harus tertunda akibat pandemi Covid-19.

“Jadi harus tertunda di 2021. Tapi kita sudah berikhtiar mendirikan SMP 12 itu dengan cara membuka kelas filial (Kelas jauh yang dibuka di luar kelas induk) di SMP Negeri 3 Cilegon sebanyak 2 kelas,” katanya.

Pada kelas filial tersebut, lanjut Ismatullah, kegiatan belajar mengajar siswa ditempatkan di SMP Tunas Bangsa di Kelurahan Purwakarta, hal tersebut, agar mudah diakses oleh masyarakat di Kecamatan Purwakarta.

Masih kata Ismatullah, secara administrasi, siswa yang belajar di 2 kelas filial tahun ajaran 2020-2021 tersebut masih terdaftar sebagai siswa SMPN 3 Cilegon. Namun, lanjut Ismatullah, jika SMPN 12 sudah berdiri, secara otomatis seluruh siswa akan ditempatkan di SMPN 12 Cilegon.

“Ini merupakan pemikiran supaya masyarakat Purwakarta tahun ini dapat terakomodir, sehingga zonasinya tidak lagi ke daerah lain yang jauh dijangkau oleh masyarakat Purwakarta,” tuturnya.

Ismatullah berharap pada tahun 2021 Pemkot CIlegon dapat mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan SMPN 12 Cilegon, sehingga nantinya pada tahun 2022 pembangunan gedung dapat dilaksanakan.

“Semoga saja Covid-19 ini segera berlalu, nanti akan kita usulkan revitalisasinya ke Kementerian (Pendidikan dan Kebudayaan). Namun, apabila ternyata kementerian juga anggarannya terkoreksi belum tersedia, maka di 2022 akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP pada Dindik Cilegon, Suhendi mengatakan, pihaknya telah mengajukan analisa perencanaan feasibility study (FS) pembangunan SMPN 12 Cilegon pada anggaran perubahan tahun 2020 ini.

Suhendi berharap, pembangunan SMPN 12 Cilegon yang berlokasi di Kecamatan Purwakarta dapat dimulai pada tahun 2021.

“Kalau kita berharap 2021 itu sudah mulai pengadaan lahan, di 2022 nanti sudah mulai pembangunan gedung sekolahnya,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: