Dinsos Cilegon Verifikasi Data Penerima Bantuan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon akan segera menggulirkan bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat di Kota Cilegon yang terdampak selama masa pandemi virus corona (Covid-19)....

Melalui Dinas Sosial (Dinsos), Pemkot Cilegon tengah melakukan verifikasi data masyarakat terdampak Covid-19 yang tercatat saat ini sebanyak 32 ribu kepala keluarga (KK).

Data tersebut, merupakan hasil pemadanan Dinsos Kota Cilegon atas data bakal calon penerima Bansos Covid-19 yang diterima dari Ketua RT/RW, kelurahan, serta kecamatan.

Kepala Dinsos Cilegon, Achmad Jubaedi mengatakan, masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di Kota Cilegon akan menerima Bansos Covid dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Banten, serta APBD Pemkot Cilegon.

“Kita akan melakukan evaluasi dan verifikasi ulang dengan melalui musyawarah kelurahan khusus di delapan kecamatan,” kata Jubaedi ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/4/2020).

Jubaedi juga mengatakan, data pemadanan Dinsos tersebut akan diuji publikkan kembali dengan jajaran stakeholder di kelurahan dan kecamatan. Hal tersebut untuk memastikan Bansos Covid tepat sasaran kepada calon penerima.

“Supaya usulan dari para RT/RW ini, benar-benar usulan yang sesuai dengan kriteria calon penerima Bansos Covid,” ujarnya.

Masyarakat Cilegon, lanjut Jubaedi, akan mendapatkan kuota Bansos Covid dari APBN sebanyak 15.600 KK, serta kuota dari APBD Pemprov Banten sebanyak 20.000 KK.

“Jadi saat ini, kita masih menunggu hasil usulan kita, dari 15.600 itu kira-kira berapa data yang disetujui oleh Kementerian Sosial, itu yang bersumber dari Bansos APBN,” tuturnya.

Melalui Bansos Covid yang bersumber dari APBN, masyarakat akan menerima uang tunai sebesar Rp 600.000 perbulan, selama 3 bulan, sama halnya dengan Bansos Covid yang bersumber dari APBD Pemprov Banten sebesar Rp 600.000 perbulan, selama 3 bulan.

Sedangkan untuk Bansos Covid yang bersumber dari APBD Cilegon, masyarakat akan menerima uang tunai sebesar Rp 600.000 perbulan, selama 2 bulan.

Zainal Mutakin.

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: