Ditlantas Polda Banten Perpanjang Masa Penyekatan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Upaya antisipasi penyebaran penularan Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan penyekatan kendaraan yang akan melintas dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya....
Pembatasan kendaraan
STOP: Ditlantas Polda Banten melakukan pemeriksaan kendaraan dari dan ke Pulau Jawa/beritakarya.co.id

Selama Operasi Ketupat Kalimaya 2020, sampai dengan hari ke 34 penyekatan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten telah memutar balik sebanyak 8.771 kendaraan yang melintas di 15 pos cek poin.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan, Operasi Ketupat Kalimaya 2020 akan dilaksanakan hingga 30 Mei 2020.

Namun, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Ditlantas Polda Banten akan memperpanjang masa operasi hingga 7 Juni 2020.

“Cara bertindak sama dengan yang kita lakukan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat, namun akan diprioritaskan terhadap langkah pendisiplinan masyarakat,” kata Kombes Pol Wibowo, saat ditemui di Pos Cek Poin Gerbang Tol Merak, Kamis (28/5/2020).

Ia menambahkan, Ditlantas Polda Banten telah melakukan langkah-langkah sesuai instruksi Kapolri tentang pembatasan atau penyekatan kendaraan yang akan melintas dari Pulau Jawa dan Sumatera maupun sebaliknya.

Regulasi kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah, merupakan langkah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Larangan mudik, PSBB, pembatasan kegiatan lainnya, ini adalah sebagai langkah penguatan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ujarnya.

Ditlantas Polda Banten akan terus melakukan pembatasan perjalanan orang yang berpedoman pada surat edaran (SE) Nomor 5 tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam SE tersebut ada 3 kriteria orang yang dapat melakukan perjalanan yaitu terkait dengan perjalanan dinas, baik lembaga pemerintah maupun swasta.

Kemudian orang yang sedang mengalami duka atau sakit, pemulangan pekerja migran atau mahasiswa dari luar negeri.

“Kegiatan lainnya mungkin yah masyarakat juga harus paham dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Kombes Pol Wibowo.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: