Gandung: Ratu Ati Punya Kans Menang

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Perhelatan pemilihan kepala daerah di beberapa kabupaten/kota di Banten menjadi salah satu materi diskusi ringan masyarakat....
Gandung Ismanto/Ilustrasi

Seperti diketahui, ada empat daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak di Banten tahun 2020 ini. Empat daerah tersebut adalah Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang.

Perhelatan Pilkada Kota Cilegon menjadi salah satu yang cukup menyedot perhatian. Sebagai kota industri, posisi Walikota Cilegon tentu punya daya tawar yang tinggi.

Pengamat Politik Untirta Serang, Gandung Ismanto punya analisa terkait Pilkada Cilegon 2020.

Ia menilai, majunya Ratu Ati Marliati dalam kontestasi lima tahunan itu, punya nilai tersendiri.

Menurut Gandung, meskipun Ratu Ati relatif baru di dunia politik, tetapi Wakil Walikota Cilegon itu adalah birokrat tulen yang telah lama malang-melintang dan dikenal masyarakat.

Terutama tentu saja saat “mendampingi” almarhum ayahnya di berbagai kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan.

“Popularitasnya saya kira berkorelasi dengan track recordnya tersebut. Modal sosialnya secara personal ini menjadi lebih besar, mengingat dukungan tokoh-tokoh masyarakat Cilegon yang masih loyal terhadap keluarga almarhum ayahnya,” kata Gandung yang juga mantan Ketua Panwas Pemilu beberapa waktu lalu.

Di atas kertas, lanjut Gandung, Ratu Ati punya kans cukup besar untuk keluar sebagai pemenang pilkada.

“Meski secara politik masih akan ditentukan oleh figur pendampingnya, serta kemampuannya mengkonsolidasi kekuatan partai politik dan berbagai elemen masyarakat seperti yang dulu dibangun oleh ayahnya,” terang dia.

Selain Ratu Ati, Gandung menilai bahwa tokoh lain yang serius menghadapi Pilkada Cilegon 2020 adalah Helldy Agustian.

“Saya lihat Helldy yang paling serius. Investasi sosial dan politiknya juga sudah banyak dan lama dilakukan. Namun tentu saja tidak mudah, karena bagaimanapun ia berhadapan dengan Bu Ati yang bukan hanya petahana, tetapi juga mewarisi trah kekuasaan,” pungkasnya.

Pada bagian lain, sumber Beritakarya.co.id yang tidak mau disebutkan identitasnya mengungkapkan, bocoran hasil survei yang dilakukan internal partai politik di Cilegon menempatkan Ratu Ati di posisi tertinggi popularitas dan elektabilitasnya.

“Kenyataannya memang seperti itu. Tapi saya gak mau nyebutin dari partai mana,” tandasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: