ICMI Cilegon Diharap Bangun SDM Unggul

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kota Cilegon gelar silaturahmi kerja daerah (Silakda) untuk menyusun agenda kerja tahun 2020....

Dalam Silakda yang diadakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Cilegon, ICMI Orda Kota Cilegon mengusung tema ‘Peran Cendekia Dalam Menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul di Era Digital 4.0’, Kamis (6/2/2020).

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati yang membuka acara tersebut mengatakan, ICMI sebagai wadah organisasi para cendekiawan dapat menjadi tempat diskusi untuk memberikan rekomendasi bagi kebijakan pemerintah daerah.

“ICMI perannya cukup bagus. Jadi bagaimana proses pembangunan kedepan jadi lebih baik lagi. Ahli pemikir disini memberi masukan kepada kita (Pemkot Cilegon). Rekomendasi itu nanti yang akan kita lakukan untuk langkah kedepan,” kata Ratu Ati, usai membuka acara Silakda ICMI Cilegon.

Ratu Ati berharap, ICMI dapat membangun sinergi dengan seluruh stakeholder dan instansi terkait dalam membangun SDM di Kota Cilegon menjadi lebih unggul.

“ICMI harus paling depan mengangkat masyarakat Kota Cilegon. Menjadi organisasi yang membanggakan dan dapat menangkap aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Ketua ICMI Orda Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan, selain untuk menyusun agenda kerja tahun 2020, kegiatan Silakda tersebut juga untuk memberikan arahan kepada cemdekiawan muda khususnya dalam menyikapi permasalah yang ada di masyarakat.

“Memberikan arahan agar bagaimana para cendikiawan bersikap terhadap masalah di masyarakat, menjadi pencerah, katalisator, dinamisator, bila perlu stabilitator kepada masyarakat, yang dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat secara langsung, untuk keluar dari permasalahan yang sedang dihimpit masyarakat saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil ketua ICMI Provinsi Banten, Makmun Muzakki mengatakan, ICMI sebagai wadah cendekiawan harus memberikan sebuah terobosan, salah satunya dalam mengatasi angakatan kerja di Kota Cilegon.

“Cilegon sudah banyak memulai, sudah biasa berprestasi, yang jelas program yang di elaborasi, bagaimana menyikapi SDM kita sampai tahun 2030 nanti. Angkatan kerja kita, memiliki peluang luar biasa, tetapi memiliki hambatan yang tidak kecil. Salah satu terobosan itu misalnya kalau kita menyiapkan tenaga kerja, kita buat standar internasional,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: