Kawasan Agribisnis Samendaran Terbengkalai

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Lokasi budidaya tanaman dan ikan di Kawasan Agribisnis Samendaran milik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon saat ini dalam kondisi terbengkalai. ...

Tempat pelatihan juga budidaya tanaman dan peternakan di Lingkungan Samendaran, Kelurahan Panggungrawi, Jombang tersebut rusak dan tidak terurus.

7 unit demplot di kawasan tersebut rusak berat. Bagian atap hingga bawah dipenuhi tanaman rambat dan tanaman liar.

Sejumlah kolam budidaya ikan pun dipenuhi jentik nyamuk. Sementara lainnya dalam kondisi kering dan rusak.

Plt Kepala DKPP Kota Cilegon, Mas Andang Eka Pria mengatakan, terbengkalainya tempat tersebut diawali dari insiden kebakaran, beberapa tahun lalu.

Tingginya biaya kerusakan membuat dinas sulit melakukan perbaikan.

“Dua atau tiga tahun lalu, lokasi itu terjadi kebakaran. Kerusakannya cukup berat, kami kesulitan untuk melakukan perbaikan,” katanya, Jumat (10/7/2020).

Menurut Mas Andang, lantaran hal tersebut, dua tempat budi daya ini menjadi tidak terurus dan terbengkalai.

Namun begitu, lokasi lain di kawasan tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.

“Luas lahan kan kurang lebih 1 hektare, jadi di kawasan itu masih ada RPH (Rumah Potong Hewan) dan Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan). Ada lagi perkebunan buah naga, jagung, serta nanas,” ujarnya.

Faktor lain yang menyebabkan terbengkalai, lanjut Mas Andang, Kawasan Agribisnis Samendaran terkena pembebasan tanah untuk kepentingan Jalan Lingkar Utara (JLU).

Ini menjadi pertimbangan lain mengapa pihaknya tidak melakuan perbaikan.

“Jadi lahan itu terkena pembebasan, luasnya 800 meter. Jadi hanya tersisa 200 meter saja, kan terlalu sempit jadinya,” tuturnya.

Mas Andang pun mengatakan, pada akhirnya DKPP Kota Cilegon berencana memindahkan Kawasan Agribisnis ke lokasi Daerah Pertanian Terpadu (DPT) di Cikerai, Kecamatan Cibeber. Dimana lokasi tersebut kini dalam proses persiapan pembangunan.

“Rencananya memang akan dipidahkan saja. Kalau dipertahankan di Samendaran, kan terlalu mepet ke jalan nantinya,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: