Komisi III Hearing Tagihan Listrik Masyarakat Bengkak, Ini Kata PLN

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Keluhan atas bengkaknya tagihan penggunaan listrik dirasakan hampir seluruh masyarakat, salah satunya yang terjadi di Kota Cilegon....

Komisi III DPRD Kota Cilegon memanggil Manajemen PLN Cabang Cilegon dan PLN UP3 Banten Utara di Ruang Rapat DPRD Cilegon, Senin (15/6/2020).

Hal tersebut, untuk menuntaskan permasalah kenaikan tagihan pembayaran listrik yang dirasa masyarakat tidak sesuai selama beberapa bulan terakhir.

Ketua Komisi III DPRD Cilegon, Abdul Ghoffar mengatakan, hearing untuk meminta penjelasan dari pihak PLN terkait dengan tingkat konsumsi listrik di Cilegon selama masa pandemi virus corona.

Berdasarkan keterangan dari pihak PLN, kenaikan pemakaain daya listrik terjadi di sektor rumah tangga, terutama saat diberlakukannya work from home (WFH) selama masa pandemic Covid-19.

Anggota Komisi III DPRD Cilegon, Rahmatulloh mengatakan, pihaknya telah menyampaikan banyaknya keluhan dari masyarakat dengan adanya kenaikan tagihan listrik PLN.

Masyarakat yang merasa dirugikan dengan tagihan listrik yang membengkak bisa melakukan kroscek pemaikaian listrik dengan mendatangi langsung pihak PLN.

“Jika ternyata masyarakat membayar lebih, maka PLN siap mengembalikan jika terjadi selisih,” ujarnya.

Bagian Pemasaran dan Pengaduan Pelanggan pada PLN UP3 Banten Utara, Alexander Heri mengatakan, pihak PLN sampai dengan saat ini tidak menaikan tarif dasar listrik.

Adanya pembengkakan dalam tagihan pembayaran pemakaian listrik dikarenakan adanya peningkatan pemakaian daya listrik di sektor rumah tangga.

Hingga 14 Juni 2020, UP3 Banten Utara menerima 204 aduan dari masyarakat terkait pembengkakan tagihan listrik dan telah diselesaikan.

Selama masa pandemi Covid-19, pihaknya telah menghentikan aktivitas petugas pembaca meteran listrik untuk datang ke rumah konsumen mulai bulan Maret.

Hal tersebut, kata Alex, sebagai upaya pihak PLN dalam mendukung pemerintah dalam penyebaran Covid-19. Oleh karenanya, tagihan listrik menggunakan mekanisme pemakaian rata-rata dari rekening tagihan bulan Desember, Januari dan Februari.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: