Komunitas Wali Bangun Literasi Melalui Jurnalistik

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kembangkan literasi di masyarakat, Yayasan Nurani Dhuafa Indonesia, melalui Komunitas Warga Literasi (Wali) adakan pelatihan jurnalistik....
Pelatihan Jurnalistik
Peserta, Pemateri dan Komunitas Wali Foto Bersama Usai Pelatihan Jurnalistik/Beritakarya.co.id

Dengan semakin cepat dan berkembangnya informasi baik melalui media pemberitaan maupun media sosial (medsos), diharapkan informasi yang disampaikan dapat memberikan edukasi, informasi yang tidak menyesatkan.

Ketua Komunitas Wali, Rizal Arif Baihaqi mengatakan, pelatihan jurnalistik tersebut selain untuk memberikan edukasi terkait pemberitaan dan penyampaian informasi publik, kegiatan tersebut juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

“Pelatihan jurnalistik ini untuk memberikan edukasi, selain itu supaya masyarakat juga mendapatkan pengetahuan tentang jurnalistik,” kata Rizal, usai Pelatihan Jurnalistik di Aula Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Jumat (28/2/2020).

Pelatihan tersebut, lanjut Rizal, diikuti peserta dari kalangan mahasiswa, guru, komunitas, serta pegiat literasi yang ingin belajar tentang jurnalistik.

“Semoga dengan pelatihan jurnalistik ini, peserta dapat memahami dan tahu bagaimana menyampaikan informasi ke publik,” ujarnya.

Mengusung tema “Menulis Itu Mudah”, pelatihan jurnalistik yang dirangkai dengan launching Komunitas Wali tersebut, menghadirkan pemateri Irfan Luthfi Arif atau yang akrab disapa Iffan Gondrong, yang merupakan salah satu wartawan senior dan CEO media online Berita Karya.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Nurani Dhuafa Indonesia, Irfan Ali Hakim mengatakan, pengembangan literasi dibutuhkan untuk membangun pondasi manusia melalui pikirannya, salah satunya dengan membaca.

Pelatihan jurnalistik tersebut, tutur Irfan, sebagai program awal dari Yayasan Nurani Dhuafa Indonesia yang fokus terhadap pendidikan nonformal, salah satunya melalui kegiatan yang diadakan Komunitas Wali.

“Ini sebenarnya untuk menumbuhkan, merespon pengembangan warga di era modern dengan suasana dan situasi yang sudah sangat digital, diharapkan warga punya kemampuan dalam membangun sebuah literasi,” ujarnya.

Melalui pelatihan jurnalistik ini, ungkap Irfan, selain mendapat pengetahuan baru tentang ilmu jurnalistik, diharapkan masyarakat dapat membangun literasi.

“Terima kasih kepada Dinas Pendidikan (Kota Cilegon), yang telah memberikan fasilitas sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan lancar. Kedepan itu akan ada pelatihan jurnalistik lagi, jadi berseri gitu lah, harapannya kita dapat bekerjasama dan bersinergi dengan komunitas-komunitas literasi,” tuturnya.

Zainal Mutakin

Categories
KomunitasPendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: