KPU Berhentikan Sementara Anggota PPK Pulomerak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon berhentikan sementara seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pulomerak....

Pemberhentian sementara itu, dilakukan selama Dewan Pemeriksa melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan netralitas anggota PPK Pulomerak yang diketahui bernama Resha.

Ia diduga terlibat dalam acara salah satu Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang akan tampil dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilegon 2020.

Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, pihaknya melakukan mekanisme tersebut setelah mendapatkan rekomendasi Bawaslu Cilegon atas pelanggaran yang dilakukan oleh salah seorang anggota PPK sebagai penyelenggara pemilu.

“Iya, sekarang yang bersangkutan diberhentikan sementara, sampai ada usulan dari Dewan Pemeriksa. Sekarang tinggal nunggu diplenokan untuk keputusannya,” kata Irfan kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Dewan Pemeriksa, kata Irfan, dibentuk untuk melakukan penyelidikan atas kasus dugaan netralitas anggota PPK tersebut.

Selain itu, ungkap Irfan, KPU juga memiliki Divisi Hukum dan Pengawasan yang bertugas mengawasi pelaksanaan Pilkada.

“Kalau ada kasus, kami akan membentuk Dewan Pemeriksa yang dikepalai Koordinator Divisi Hukum dan anggotanya terdiri dari divisi SDM (Sumber Daya Manusia) serta satu unsur komisioner KPU,” ujarnya.

Untuk keputusan terkait netralitas salah seorang anggota badan adhoc KPU tersebut, kata Irfan, pihaknya akan memutuskan sesuai dengan hasil penyelidikan Dewan Pemeriksa.

“Iya, kira-kira minggu-minggu inilah bakal keluar,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: