KPU Cilegon Uji Pengetahuan Calon Anggota PPS

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - KPU Cilegon melakukan tes pengetahuan dan wawasan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Cilegon....
Tes Tertulis Anggota PPS Kota Cilegon
CALOn PPS: Suasana tes tertulis calon Anggota PPS yang diselenggarakan KPU Cilegon/Beritakarya.co.id

Tes yang dilaksanakan pada Minggu (1/3/2020) itu diikuit 225 peserta dari 243 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. 18 peserta tidak hadir mengikuti tes tertulis yang diadakan KPU Cilegon di salah satu hotel.

“Hasil jawaban mereka akan kita seleksi melalui sistem perankingan (peringkat),” kata Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Cilegon, Patchurrohman.

Para peserta diberi waktu selama 90 menit untuk mengerjakan 50 soal yang intinya menguji wawasan dan pengetahuan mereka.

Soal tersebut antara lain terkait pemilu, tugas wewenang dan kewajiban PPS, serta mekanisme pencalonan para kandidat calon Walikota Cilegon.

“Selain itu pertanyaan juga terkait pencalonan, mulai dari verifikasi bakal calon sampai hal teknis lainnya,” ujar Komisioner KPU Cilegon yang akrab disapa Fatur.

Setelah mengikuti tes tertulis, kata Fatur, calon anggota yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahapan berikutnya yakni wawancara untuk kemudian ditetapkan sebagai anggota PPS.

“Harapannya dari hasil tes tulis ini, yang lulus itu betul-betul paham mekanisme penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota.

Setelah mereka lulus seleksi tes tertulis, baru mereka akan mengikuti proses wawancara, dari wawancara itu nanti akan kita pilih tiga orang untuk ditetapkan sebagai anggota PPS,” ujarnya.

Salah seorang peserta tes, Juju Kadipaten mengatakan, seluruh soal yang diberikan oleh KPU untuk mengukur pengetahuan dan wawasan sebagai penyelenggara pemilu.

“Soalnya tadi seputar pemilu dan tugas wewenang dan kewajiban PPS. KPU pasti selektif, yang lolos itu pasti yang paham dengan tugasnya sebagai seorang petugas penyelenggara pemilu,” katanya.

Ia mengaku soal yang ada susah-susah mudah. Tetapi ia yakin akan lolos tes tersebut karena merasa mampu mengerjakan soal.

Dalam pelaksanaan tes tertulis calon anggota tersebut, hadir Komisioner KPU Banten, Eka Satialaksamana, dan Ketua Bawaslu Cilegon, Siswandi berserta jajaran Bawaslu lainnya.

Untuk diketahui, Pilkada Cilegon akan dilaksanakan secara serentak dengan daerah lain pada September 2020 mendatang. Hingga saat ini, sudah bermunculan kandidat yang akan ikut kontestasi lima tahunan tersebut.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: