Mengharukan! Forum Eselon II Cilegon Datang, Para Pelajar Sumringah

BERITAKARYA.CO.ID LEBAK - Kepedulian publik Banten nyata. Begitu musibah banjir bandang tersebar di medsos, bantuan dan gerakan Peduli Lebak pun bermunculan.

Aksi Kepedulian itu merata di semua lini kehidupan masyarakat. Pelajar, mahasiswa, pemuda, steak holder hingga pejabat teras turun memperlihatkan memberikan kepedulian sosial dan hadir di tengah para korban untuk memberikan dukungan moril.

Di Kota Cilegon, para pejabat Eselon II yang tergabung dalan Forum Esselon (Fores) IIb juga turun ke Lebak.

Mereka menyalurkan bantuan untuk anak-anak sekolah korban banjir bandang di Lebak, tepatnya di Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira, Lebak, Sabtu (11/1/2020).

Forum yang beranggotakan para pejabat setingkat kepala dinas di lingkungan Pemkot Cilegon itu mendistribusikan peralatan dan perlengkapan sekolah.

Ikut pada kegiatan tersebut sejumlah anggota Fores IIb seperti Asda I Setda Kota Cilegon, Taufiqurahman Husein, Asda II Setda Kota Cilegon, Tubagus Dikrie Maulawhardana, Kepala Inspektorat Cilegon, Epud Saefudin, Sekretaris DPRD Kota Cilegon, Bambang Hario Bintan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Heni Anita Susila. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS), Hayati Nufus, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Wilastri Rahayu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (DKISS), Ahmad Aziz Setia Ade Putra, dan mantan Kepala DKISS, Soleh.

Pantauan di lapangan, rombongan tiba di Posko Bencana Desa Mekarsari sekitar pukul 14.30 WIB. Para kepala dinas diterima oleh sejumlah anggota relawan posko tersebut.

Ketika Ketua Fores IIb, Ahmad Aziz Setia Ade Putra menyatakan, bantuan yang dibawa berupa peralatan. Rombongan langsung ke lokasi dimana anak-anak sekolah korban bencana berada.

Awalnya seorang relawan mengumumkan adanya bantuan peralatan sekolah melalui alat pengeras masjid. Seketika, puluhan anak-anak sekolah berlarian dari tenda dan rumah pengungsian menuju rombongan Fores IIb.

“Setelah diumumkan lewat speaker masjid, anak-anak berhamburan dari mana-mana,” ujarnya.

Suasana riuh pun menghiasi pembagian peralatan dan perlengkapan sekolah. Anak-anak sekolah korban bencana tampak ceria ketika menerima bantuan tersebut.

“Senang sekali melihat ekspresi mereka. Ternyata perlengkapan sekolah adalah hal yang sangat dibutuhkan anak-anak korban bencana di Lebak saat ini. Karena perlengkapan sekolah mereka tersapu bersih oleh banjir besar kemarin itu,” tuturnya.

Ketika itu, rombongan Fores IIb membawa 150 paket peralatan dan perlengkapan sekolah. Paket berupa buku, pulpen, penggaris, pensil, dan lain-lain dimasukan ke dalam tas sekolah yang bentuknya pun sangat bagus.

“Melihat tas, anak-anak sumringah. Apalagi setelah tahu di dalamnya lengkap dengan alat-alat tulis dan buku pelajaran. Tadinya mau kami bagikan di dua titik, tapi kami putuskan untuk diturunkan semua di sana. Sebab jumlah anaknya pun terbilang banyak,” ucapnya.

Sementara itu, Asda I Setda Kota Cilegon, Taufiqurahman Husein mengatakan, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan PMI Kota Cilegon terkait agenda kemanusiaan tersebut.

Setelah mendapatkan informasi jika peralatan dan perlengkapan sekolah yang sangat dibutuhkan, pihaknya pun memutuskan untuk memberikan bantuan sesuai arahan PMI Kota Cilegon.

“PMI Kota Cilegon kan sekarang berbaur dengan PMI Lebak. Mereka tahu apa saja yang sangat dibutuhkan para korban bencana. Makanya setelah mereka menginformasikan jika yang sangat dibutuhkan adalah alat-alat sekolah, itulah yang kami salurkan,” katanya.

Taufiq mengaku terharu melihat ekspresi para anak sekolah ketika menerima bantuan tersebut. Terlebih, mantan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon ini tahu betul bahwa alat-alat sekolah adalah barang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar.

“Ketika anak-anak itu kehilangan peralatan sekolah mereka, tentu ada rasa sedih. Makanya ketika kami membagikan tas berisi alat-alat sekolah, mereka senang bukan kepalang. Saya jadi terharu melihatnya,” pungkasnya.(ADV)

Iffan Gondrong

Categories
Lebak

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: