Pasar Rakyat Dibuka Tapi Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengungkapkan aktivitas perdagangan khususnya pasar rakyat tetap dibuka....
Andika Hazrumy
BANTUAN: Wagub Banten, Andika Hazrumy saat menerima Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga/beritakarya.co.id

Hal itu untuk memastikan roda perekonomian masyarakat tetap berjalan. Tetapi dalam pelakasanaanya SOP kesehatan dan protokol penyebaran Covid-19 harus tetap dijalankan dengan ketat dan disiplin. 

Hal itu Andika Hazrumy saat menerima kunjungan kerja dan penyerahan bantuan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Senin (18/5/2020).

Andika mengungkapkan keputusan untuk membuka pasar rakyat agar aktivitas perekonomian masyarakat dapat terus berjalan.

Selain itu Pemprov Banten terus menekankan agar para pedagang dan pembeli disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

“Sebagai upaya memutus penyebaran covid-19, Pemprov telah melaksanakan rapid test di 12 pasar pada wilayah PSBB dengan jumlah sample 3.040 orang pedagang dan pembeli,” ujar Andika.

Selanjutnya, yang terindikasi reaktif covid dilakukan penanganan oleh gugus tugas covid-19 kabupaten/kota setempat. 

Pemprov Banten juga terus melakukan pemantuan ketersediaan dan harga bahan pangan di pasaran, terlebih menjelang hari raya idul fitri.

“Harga bahan pokok rata-rata bulan April-Mei masih normal,” lanjutnya

Covid-19, bukan hanya berdampak pada kehidupan sosial masyarakat tetapi juga perekonomian masyarakat, terlebih ditetapkannya PSBB di sebagian wilayah yang memaksa 19 pusat perbelanjaan, supermarket dan mall menghentikan aktivitasnya.

“Dampaknya 30.054 karyawan harus dirumahkan. Semoga ini menjadi perhatian pemerintah pusat, untuk dapat menentukan arah kebijakannya,” harap Andika di depan Jerry Sambuaga.

Pemerintah Provinsi Banten tetap memprioritaskan penanganan kesehatan dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak COVID-19 serta penanganan dampak ekonomi.

Sementara itu, Jerry Sambuaga mengungkapkan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya agar aktivitas perdagangan berjalan tanpa mengesampingkan SOP kesehatan.

“Kami berharap kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota tetap membuka pasar rakyat, tetapi protokolnya tetap berjalan, sesuai SOP kesehatan,” ungkapnya. 

Kemendag memberikan bantuan dana sebesar Rp150 juta, APD, tanki air, antiseptik, wastafel dan sabun cair yang nantinya akan disebar.

Iffan Gondrong

Categories
Serang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: