Pemkot Cilegon Berlakukan Sanksi Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon mulai berlakukan sanksi bagi masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19....

Sanksi tersebut tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwal) Cilegon Nomor 40 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Perwal tersebut dibuat berdasarkan Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Peraturan yang ditandatangani Walikota Cilegon pada Rabu, 26 Agustus 2020 itu, mengikat kepada setiap orang dan pelaku usaha, penyelenggara, pengelola, serta penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang ada di Cilegon.

Hal itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penerapan disiplin protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Dalam Perwal itu disebutkan sanksi bagi yang tidak menerapkan disiplin protokol kesehatan yakni berupa teguran secara lisan dan tertulis, kerja sosial, hingga denda administatif mulai dari Rp 100 ribu – Rp 300 ribu.

Sedangkan untuk pelaku usaha, penyelenggara, pengelola serta penanggung jawab tempat dan fasilitas umum, juga diberlakukan sanksi penghentian sementara operasional usaha, hingga pencabutan izin usaha.

Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berkordinasi dengan Polres, Kodim 0623, Kejaksaan Negeri, dan Gugus Tugas/Satuan Tugas penanganan Covid-19 Cilegon.

Plt Kepala Dinkes Cilegon, Dana Sujaksani mengatakan, Perwal tersebut akan segera disosialisasikan kepada masyarakat.

“Jum’at (28/8/2020) besok, akan kita sosialisasikan bersama dengan Forkopimda, pemuka agama, dan tokoh masyarakat di Cilegon,” katanya.

Zainal Mutakin

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: