Pendidikan Berperan Penting Tingkatkan SDM

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Pendidikan merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas seseorang untuk masa depannya. Pendidikan juga beraitan dengan IPM....
Dindik Kota Cilegon
SEREMONI: Penyusunan Dokumen Perencanaan Tahun 2021/beritakarya.co.id

IPM kepedekan dari Indeks Pembangunan Manusia. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak.

Ketiga dimensi tersebut memiliki pengertian sangat luas karena terkait banyak faktor. Untuk mengukur dimensi kesehatan, digunakan angka harapan hidup waktu lahir.

Untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabungan indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah.

Sementara untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita, sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak.

Dinas Pendidikan Kota Cilegon terus melakukan berbagai program yang muaranya adalah peningkatan IPM melalui dimensi pengetahuan.

Rabu (11/3/2020) kemarin, Dinas Pendidikan Kota CIlegon menggelar acara Penyusunan Dokumen Perencanaan Tahun 2021 dengan tema “Meningkatkan Komitmen untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berpendidikan Berkualitas dan Berkarakter,” di Grand Mangku Putra.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi dalam sambutannya mengatakan, pendidikan adalah hal yang penting untuk meningkatkan kualitas seseorang untuk masa depan individu masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Edi mengimbau Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang ada, sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah mengungkapkan, saat ini dinas yang dikomandoinya tengah fokus pada peningkatan sarana dan prasarana serta program lainnya.

Ismatullah menegaskan, selaku pemegang amanah pelaksanaan system pendidikan nasional, Dinas Pendidikan memiliki kewajiban untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan pendidikan.

Prespektif pembangunan pendidikan tidak hanya ditujukan untuk mengembangkan aspek intelektual, melainkan juga watak, moral social dan fisik peserta didik. Dengan kata lain, menciptakan manusia Indonesia seutuhnya, khususnya masyarakat Kota Cilegon.

Upaya peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Cilegon, dalam rangka mewujudkan pendidikan salah satunya meningkatkan mutu layanan pendidikan, kesejahteraan guru dan tenaga pendidik, serta menjamin pemenuhan akses pendidikan bagi peserta didik yang mengacu pada standar pelayanan minimal dan 8 standar nasional pendidikan.

Dalam rangka mewujudkan program pembangunan pendidikan, dibutuhkan empat unsur penting yang harus terpenuhi, yakni tersedianya satuan pendidikan, tersedianya pendidik dan tenaga kependidikan, terfasilitasinya peserta didik, didukung oleh stakeholder sebagai mitra yang mengawasi dan promotor pendidikan ditengah-tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, dalam hal implementasi kebijakan harus didukung oleh perencanaan dan penganggaran yang terbaik, untuk memastikan bahwa seluruh warga Kota Cilegon dapat terlayani dengan baik, profesional dan merata,” katanya.

Saat ini, isu yang berkembang dan dibutuhkan masyarakat khususnya di Kecamatan Purwakarta adalah ketersediaan pelayanan jenjang pendidikan SMP Negeri.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kota Cilegon bersama-sama pemerintah daerah sedang berupaya untuk penyediaan lahan dan tempat.

Pembangunan SMP Negeri 12 diharapkan terealisasi pada tahun ajaran baru ini, kedepan pemenuhan sarana prasarana bisa memadai sehingga SMPN 12 dapat memiliki daya tampung yang setara dengan SMP-SMP lain.

Selain pembangunan SMPN 12, program Dindik Kota Cilegon yang tak kalah penting adalah beasiswa prestasi bagi peserta didik berprestasi, serta pembinaan bagi peserta didik yang dibina.(ADV)

Categories
Advertorial

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: