Penyerapan Tenaga Kerja Minim, Industri Diminta Berpihak ke Warga Lokal

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sosialisasi pembangunan (Sospem) yang digelar Pemkot Cilegon, Selasa (12/11/2019) tadi dilaksanakan di Kecamatan Grogol, tepatnya di Kelurahan Kotasari.

Masyarakat dari berbagai unsur berkumpul dan tampak antusias mengikuti kegiatan Sospem yang diisi tanya jawab antara masyarakat dengan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon sebagai pemangku kebijakan.

Dalam sesi tanya jawab yang diadakan pada kegiatan Sospem, salah satu warga Kecamatan Grogol, Husen Saidan, menyoroti terkait dengan minimnya penyerapan tenaga kerja lokal di Kota Cilegon.

Husen menilai kegiatan job fair yang kerap dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kurang efektif menyerap tenaga kerja lokal di Kota Cilegon.

Karenanya Husen meminta kegiatan job fair tersebut ditiadakan dan dialihkan dengan program baru yang lebih efektif untuk mengurangi pengangguran di Kota Cilegon.

“Bukan berarti saya tidak mendukung job fair, tapi hemat saya job fair itu kurang efisiensi, kurang mendukung masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati mengatakan akan berkordinasi dengan Disnaker. Intinya agar industri dapat memberikan kuota lebih untuk masyarakat Kota Cilegon.

“Sebenarnya job fair itu menurut ibu tidak apa-apa, tapi tindak lanjut job fairnya itu harus dikawal agar keberpihakannya kepada kita di Kota Cilegon itu saja,” kata Ratu Ati.

Ia menegaskan, Disnaker supaya membangun komunikasi dengan industri,  agar memberikan kuota yang lebih. Kalau masalah terkait dengan kompetensi kebutuhannya apa, itu nanti harus dikordinasikan,” tuturnya.

Ati berharap pihak industri dapat lebih memahami keinginan masyarakat khususnya di Kota Cilegon.

“Kalau job fair jangan hilang, tapi job fair itu kuota untuk kitanya harus lebih banyak. Kita akan coba, bahwa ini permohonan masyarakat, jadi industri harus paham terhadap itu,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: