Pilkada Cilegon Rawan, Gakkumdu Samakan Persepsi

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kota Cilegon menjadi salah satu daerah dengan indeks kerawanan tertinggi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020....

Dari 4 kota/kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak 2020 di Banten, Cilegon menduduki urutan pertama wilayah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Ketua Bawaslu Cilegon, Siswandi mengatakan, dengan tingkat kerawanan tersebut, peran Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) sangat penting dalam menjaga kondusifitas selama Pilkada.

Sehingga, lanjut Siswandi, Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan, harus mengambil langkah untuk menyamakan persepsi.

“Agar nanti dalam pelaksanaan sudah klop, dan sudah bisa melaksanakan tugas dengan baik,” kata Siswandi, di The Royale Krakatau, Rabu (8/7/2020).

Untuk mewujudkan kondusifitas selama proses tahapan dan pelaksanaan Pilkada Cilegon, Gakkumdu akan lebih mengedepankan fungsi pencegahan dari pada penindakan.

“Yang jadi objek ini kan masyarakat, jadi kita kedepankan pada tindak pencegahan. Selain itu, konflik yang terjadi karena perbedaan pendapat dibawah perlu diwaspadai juga,” ujarnya.

Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, dengan indikator dan klasifikasi tingkat kerawanan Pilkada di Kota Cilegon tersebut, Gakkumdu harus menyamakan persepsi terkait penganan pelanggaran yang terjadi.

“Kita harus mengambil langkah menyamakan presepsi diantara Gakkumdu, agar pelaksaaan tugasnya tidak ada keragu-raguan,” ujar AKBP Yudhis.

Dengan sinergitas dan persepsi yang sama, ungkap Kapolres, diharapkan dapat terwujud situasi kondusif selama tahapan dan pelaksanaan pilkada.

“Tadi sudah disampaikan agar saling memberikan masukan terhadap kendala-kendala di depan saat Pilkada 2020 dilaksanakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Cilegon, Andi Mirnawati berharap, Gakkumdu dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Adanya sinergitas, adanya kesesuaian pelaksanaan, sehingga tidak ada masalah yang timbul di internal Gakkumdu sendiri,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonPolitik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: