Polisi Amankan Pengedar Sabu Jaringan Lapas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Satnarkoba Polres Cilegon amankan dua pelaku pengedar narkoba jenis sabu-sabu yang diduga dikendalikan penghuni Lapas Kelas II Cilegon....
Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis bersama Kabag Ops, Kompol Kamarul, dan Kasat Narkoba, Panji Firmansyah saat menunjukkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu

Kedua pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu, Fabian (20) dan Mariono berhasil diamankan ditempat dan waktu yang berbeda. Keduanya diketahui mengedarkan sabu-sabu di wilayah Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Dalam gelar perkara di Mapolres Cilegon, Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana mengungkapkan, tersangka Fabian berhasil diamankan bersama kedua rekannya yakni Beny dan Melius disebuah kontrakan milik Beny di Kampung Buah Jangkung, Desa Waringin Kurung, Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang pada 27 Januari 2020 lalu, dengan barang bukti berupa sabu-sabu kurang lebih seberat 35 gram.

Sedangkan untuk tersangka Mariono berhasil diringkus oleh Satnarkoba Polres Cilegon pada 10 Februari 2020 lalu di Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, dengan barang bukti satu paket plastik dengan berat 9,95 gram.

“Tersangka Fabian mengambil narkoba yang diduga jenis sabu-sabu dari Jakarta, atas arahan dari Lukman yang masih DPO, ini menurut pengakuan (Fabian) penghuni Lapas (Kelas II Cilegon). Sedangkan tersangka Mariono mengambil barang (narkoba jenis sabu-sabu) dari Baros dan membawanya ke Jombang Wetan, via telepon atas arahan saudara Adi yang diduga penghuni lapas,” kata AKBP Yudhis, Kamis (13/2/2020).

Berdasarkan pengakuan dari kedua tersangka, kata AKBP Yudhis, keduanya diarahkan oleh penghuni Lapas Kelas II Cilegon yang bernama Lukman dan Adi yang saat ini masuk daftar pencarian orang (DPO) dan masih tahap penyelidikan oleh Polres Cilegon.

“Nanti kedepannya karena ada dua kasus ini arahan juga dari penghuni Lapas Cikerai (Lapas Kelas II Cilegon), sehingga perlu kita kerjasama dengan Kalapas, apakah betul atau tidak. Kalau memang betul, nanti kita lakukan penggeledahan lebih lanjut kepada penghuni lapas,” ujarnya.

Saat ini, Polres Cilegon tengah mendalami kasus narkoba jenis sabu-sabu yang diduga melibatkan penghuni Lapas Kelas II Cilegon. AKBP Yudhis mengatakan pihaknya akan melakukan kordinasi dengan Kepala Lapas Kelas II Cilegon untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

“Jadi dua kasus ini tersangka mengaku bahwa tidak kenal dengan penjual, tapi atas arahan dari penghuni lapas, sehingga mengambil barang dari Mr X tadi, dengan sistem yang cepat. Dan pada saat nanti setelah terjual baru disetorkan uangnya kepada saudara Lukman dan saudara Adi yang ada di lapas, via rekening semuanya, dan ini masih kita tindaklanjuti,” tandasnya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka Fabian dan Mariono dijerat dengan pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 Undang-undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal kurungan penjara seumur hidup atau paling sedikit kurungan penjara selama 6 bulan.

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: