• Kamis, 21 Oktober 2021

Dorong Peran Pemda, Komisi II DPRD Cilegon Susun Raperda Ketenagakerjaan

- Senin, 4 Oktober 2021 | 17:20 WIB
Ketua Komisi II DPRD Cilegon Faturohmi Dorong Peran Pemerintah Daerah Melalui Raperda Inisiatif Tentang Ketenagakerjaan (Zainal Mutakin)
Ketua Komisi II DPRD Cilegon Faturohmi Dorong Peran Pemerintah Daerah Melalui Raperda Inisiatif Tentang Ketenagakerjaan (Zainal Mutakin)

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi II DPRD Cilegon tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif terkait Ketenagakerjaan untuk mendorong peran pemerintah daerah (Pemda).

Ketua Komisi II DPRD Cilegon Faturohmi mengungkapkan, Raperda inisiatif tersebut untuk menjawab persoalan tenaga kerja di kota industri.

Hal tersebut, lantaran upaya-upaya yang dilakukan Pemkot Cilegon dinilai belum maksimal terkait persoalan ketenagakerjaan.

"Upaya-upayanya kita anggap tidak maksimal selama ini. Pemerintah daerah ini tidak maksimal dalam rangka membangun sinergitas dengan industri terutama sekali persoalan ketenagakerjaan," kata Faturohmi ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Ditanya Rekam Jejak Calon Petinggi 2 BUMD, Helldy Bungkam

Faturohmi menuturkan, sebagai kota yang berbasis industri, Cilegon harus memiliki peraturan daerah untuk memperkuat dan mendorong peran pemerintah daerah.

"Kita ingin menyajikan aturan yang mengatur soal ketenagakerjaan, baik soal penempatan, perlindungan, termasuk bagaimana instrumen pendukung agar angka pengangguran di Cilegon bisa dikurangi," ujarnya.

Faturohmi mengungkapkan, Raperda inisiatif yang tengah disusun Komisi II DPRD Cilegon tersebut, merujuk pada Undang-undang (UU) Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Bahwa banyak sekali persoalan yang bisa diatur oleh daerah terkait dengan urusan ketenagakerjaan. Kaitan usulan ini adalah bagaimana DPRD di Komisi II terutama soal keluhan dari buruh, banyak ketimpangan secara regulasi terutama saat terjadinya perselisihan hubungan industrial," tuturnya.

Halaman:

Editor: Zainal Mutakin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sahruji Jabat Plt Ketua PPP Cilegon

Senin, 16 Agustus 2021 | 20:04 WIB

Tokoh Partai Bicara Soal Pelantikan Isro

Kamis, 25 Maret 2021 | 14:25 WIB
X