Raih Juara, TBM Nawacita Wakili Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nawacita raih juara dalam lomba kegiatan apresiasi PTK PNF berprestasi tingkat Kota Cilegon yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon, Selasa (18/2/2020)....
Ketua TBM Nawacita, Irfan Ali Hakim (tengah), foto bersama para juara, dewan juri dan Dindik Cilegon/Beritakarya.co.id

Dengan keluar sebagai juara pertama kategori Pengelola TBM dalam kegiatan tersebut, TBM Nawacita akan maju mewakili Kota Cilegon mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Banten yang rencananya akan dilaksanakan pada Mei 2020.

Ketua TBM Nawacita, Irfan Ali Hakim mengatakan, raihan tersebut merupakan prestasi dari usaha yang dibangun oleh seluruh pengurus dan relawan dalam mengembangkan TBM Nawacita.

“Alhamdulillah berkat usaha dari para pengurus dan relawan. Usaha yang selama ini dibangun oleh pengurus TBM tidak sia-sia, dan dengan prestasi yang luar biasa ini, kedepan harus kita persiapkan. Untuk lomba ini sendiri tahapannya yang kita lalui mulai dari pembuatan profil, pembuatan makalah, dan presentasi mengenai konsep yang sedang dan akan di jalankan di TBM seperti apa,” kata Irfan, saat ditemui usai pengumuman hasil lomba, Selasa (18/2/2020).

Dengan prestasi yang sudah diraih, Irfan berharap seluruh pengurus dan relawan TBM Nawacita yang berlokasi di lingkungan bantaran kali dekat Komplek Perumahan Taman Cilegon Indah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, agar lebih aktif dan giat dalam mengembangkan dan menjalankan program kedepan.

“Pengelolaannya harus cukup serius tidak hanya sambil berjalan saja untuk membuat program inovatif lainnya. Agar lebih diperbanyak lagi program-program yang bersifat kreatifitas seperti seni budaya, mendongeng, dan lain-lain. Adapun program jangka pendeknya yaitu pembenahan program dengan menggalakkan budaya bertutur, dan membuat terobosan program seperti sekolah tadabur atau refleksi terhadap lingkungan alam, sehingga proses kegiatannya tidak hanya di TBM saja, suatu saat kita bisa ajak anak-anak di TBM Nawacita belajar ke pantai atau tempat terbuka lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, dewan juri lomba apresiasi PTK PNF berprestasi Kota Cilegon dalam kategori Pengelola TBM, Hikmatullah menyampaikan, TBM Nawacita dinilai layak meraih juara pertama dalam lomba tersebut untuk mewakili Kota Cilegon ke tingkat Provinsi Banten, karena memiliki kelebihan berupa karya fisik dalam bentuk buku dongeng yang ditulis oleh Ketua TBM Nawacita, Irfan Ali Hakim.

“Secara penilaian, selain konsep makalahnya yang bagus, presentasi yang disampaikan juga sangat luar biasa. TBM Nawacita sudah mempunyai karya fisik berupa buku dongeng Putri Kelana karangan Ketua TBM Nawacita, Irfan Ali Hakim, juga punya karya film mengenai sejarah geger Cilegon yang diperankan oleh Sekretaris TBM Nawacita, kang Rizal Arif Baihaqi. Meski secara usia TBM Nawacita belum lama berjalan, secara administrasi dan persyaratan lainnya sudah berhasil melampaui TBM lainnya yang ada di Kota Cilegon,” tandasnya.

Untuk diketahui, TBM Nawacita berhasil menjadi juara pertama dengan total nilai 266, di susul oleh TBM Rahma dari Kecamatan Cilegon dengan nilai 259 dan TBM Al Barokah Kecamatan Pulomerak dengan nilai 236.

Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: