Ratusan Kasus Belum Terselesaikan Selama 2019 di Wilayah Hukum Polres Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Selama tahun 2019, angka kriminalitas di Kota Cilegon terbilang masih cukup tinggi. Dalam kurun waktu 1 tahun terhitung jumlah tindak pidana (JTP) sebanyak 589 kasus di wilayah hukum Polres Cilegon.

Dari jumlah tersebut, terhitung jumlah penyelesaian tindak pidana (JPTP) sebanyak 359 kasus atau sebanyak 61 persen kasus dapat terselesaikan. Sedangkan pada 2018 dari JTP sebanyak 653 kasus, Polres Cilegon menyelesaikan sebanyak 381 kasus.

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, berdasarkan data di tahun 2019, tunggakan JPTP atau kasus yang belum terselesaikan sebanyak 230 kasus tindak kriminal.

“Mungkin perkara di 2018 yang belum selesai ini dapat diselesaikan di 2019. Karena itu, perkara di 2019 tidak dapat selesai di tahun ini. Meski begitu, kami (Polres Cilegon) terus berupaya menindaklanjuti perkara tersebut apabila adanya bukti tambahan dari kasus tersebut,” kata AKBP Yudhis saat press release akhir tahun 2019 di Aula Mapolres Cilegon, Selasa (31/12/2019).

AKBP Yudhis juga mengatakan, seluruh perkara di tahun 2019, apabila ditemukan bukti baru, pihak Polres Cilegon akan kembali membuka perkara tersebut.

“Untuk penyidikan setiap kasus ini tentunya akan kita tindaklanjuti oleh penyidik dari Polres Cilegon maupun dari penyidik di polsek-polsek,” ujarnya.

Dari banyaknya tindak kriminal di wilayah hukum Polres Cilegon, diketahui perkara yang paling menonjol yaitu kasus curanmor sebanyak 167 kasus dan narkoba sebanyak 96 kasus.

Selain itu, tindak krimanal pencurian dengan pemberatan sebanyak 82 kasus, penggelapan 33 kasus, penipuan dan perbuatan curang 31, pencurian biasa 21 kasus, perlindungan anak 27 kasus, KDRT 6 kasus, kepemilikan senjata api 7 kasus.

Sedangkan untuk kasus tindak pidana seperti HAKI 4 kasus, ilegal loging 4 kasus, perlindungan konsumen 2 kasus dan korupsi 1 kasus (masih proses).

Kapolres berharap, pada 2020 mendatang, semua kasus yang ditangani oleh Polres Cilegon dapat terselesaikan. AKBP Yudhis berharap tidak ada kasus yang mandek atau belum terselesaikan.

“Kita upayakan agar semua kasus yang ditangani oleh Polres Cilegon dapat terselesaikan dengan baik,” harapnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonHukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: