Satresnarkoba Polres Cilegon Amankan Dua Pengedar Sabu

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Tak henti-hentinya penyalahgunaan narkotika meresahkan masyarakat. Peredarannya semakin menjadi dan merusak generasi muda.
Wakapolres Cilegon Kompol Andra Saat Gelar Perkara Peredaran Sabu di Kota Cilegon

Dalam memerangi tindak pidana peredaran dan penyalahgunaan narkotika, Satresnarkoba Polres Cilegon berhasil mengamankan 2 orang pengedar narkotika jenis sabu-sabu dan ganja pada Minggu, 1 Desember 2019 di wilayah hukum Polres Cilegon.

Pada gelar perkara tindak pidana di Mapolres Cilegon, Wakapolres Cilegon Kompol M. Andra Wardana mengatakan, pada 1 Desember 2019 sekitar pukul 14.00 WIB, Satresnarkoba berhasil mengamankan 1 orang pelaku berinisial IB dipinggir jalan di depan RM Selat Sunda, Lingkungan Ketileng Timur, Kelurahan Ketileng, Kecamatan Cilegon.

Dari hasil penggeledahan petugas di dalam tas kecil milik IB, didapati 16 paket plastik bening berisi kristal putih yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 7,48 gram.

Setelah dilakukan pengembangan, Satresnarkoba Polres Cilegon kembali mengamankan 1 orang pelaku berinisial S sekitar pukul 15.00 WIB, di Lingkungan Sambirangon, Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber. Dari hasil penggeledahan didapat barang bukti sebuah kotak hitam berisi 2 paket plastik bening berisi kristal putih yang diduga narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,64 gram dan 9 paket plastik bening yang diduga daun ganja kering seberat 9,13 gram, serta 1  unit telepon genggam dan uang sebesar Rp 1,5 juta yang diduga hasil penjualan.

“Sementara masih akan terus didalami oleh Satnarkoba Polres Cilegon. Mudah-mudahan Polres Cilegon dapat menemukan hasil yang signifikan, sehingga wilayah Kota Cilegon akan terhindar dari narkoba,” ujar Kompol Andra, Rabu (11/12/2019).

Modus yang dilakukan oleh IB dan S, lanjut Kompol Andra, yaitu menjual barang haram tersebut dengan cara melempar pesanan ke tempat tertentu, atau dengan cara bertemu langsung dengan pemesan.

“IB dan S ini adalah pelaku yang menjual narkoba dengan cara mereka melempar pesanan, orang pesan dilempar dimana, atau mungkin kalau yang sudah kenal baik, mereka bertemu langsung,” katanya.

Diketahui, pelaku berinisial S merupakan pemain lama, pasalnya S baru saja 1 tahun bebas dari tahanan dan kembali mengulang perbuatannya menjual narkotika.

“Yang inisial S bisa dikategorikan pemain lama, karena baru satu tahun keluar, sekarang kembali melakukan aksinya dengan menjual narkoba,” ujar Kompol Andra.

Sementara dari keterangan pelaku berinisial IB, dirinya mengaku mengedarkan narkotika jenis sabu-sabu dan ganja yang diperolehnya dari Jakarta.

“(Jualnya-red) didaerah Cilegon kota, (kepada) kalangan dewasa. (Sabu-sabu dan Ganja didapat) Dari luar kota di daerah Jakarta,” katanya.

Atas perbuatan tersebut, pelaku IB dan S dijerat Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 Tentang Narkotika, dengan ancaman penjara seumur hidup atau pidana penjara paling sedikit 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonHukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: