Sempat Langka, Penjual Gula Diatas HET Akan Ditindak Tegas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Gula pasir sebagai salah satu kebutuhan pokok sempat langka dipasaran pada beberapa waktu lalu....

Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET), dimana harga jual gula pasir dipasaran yakni Rp. 12.500 perkilogram.

Dirkrimsus Polda Banten, Kombes Pol Nunung Syaifuddin mengingatkan kepada para pedagang untuk tidak menjual gula dipasaran diatas harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Ketika gula dijual lebih dari Rp. 12.500, kita akan melakukan tindakan tegas, terhitung hari ini,” kata Kombes Pol Nunung saat mengunjungi pabrik gula rafinasi PT PDSU dan PT SUJ di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Rabu (8/4/2020).

Harga tersebut, mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan, dimana harga tertinggi yang dijual kepada konsumen yakni Rp. 12.500 perkilogram.

“Ini harga yang sudah ditetapkan pemerintah, siapapun wajib mematuhi,” tegas Kombes Pol Nunung.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten, kunjungi PT PDSU dan PT SUJ untuk memastikan ketersediaan gula.

Dimana PT PDSU dan PT SUJ merupakan dua dari empat pabrik gula rafinasi di Banten yang ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan memproduksi gula kristal putih untuk konsumsi.

Sementara itu, Kepala Disperindag Banten, Babar Suharso mengatakan, ada empat pabrik gula rafinasi yang ditunjuk untuk memproduksi gula kristal putih di Banten, yakni PT PDSU dan PT SUJ di Cilegon, serta PT Angel dan PT Berkah Manis Makmur di Kabupaten Serang.

Kebijakan pemerintah dalam menunjuk pabrik tersebut, untuk memastikan ketersediaan gula dan menekan harga harga jual gula dipasaran.

“Mereka engga boleh memproduksi gula kristal putih kalau tanpa penugasan, dan itu tentu standarnya untuk konsumsi,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Ekonomi

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: