Singgah di Cilegon, WNA Pakistan Positif Covid-19

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Warga negara asing (WNA) asal Pakistan berinisial S, yang singgah dan menginap di Hotel The Royale Krakatau Cilegon, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19....

WNA tersebut diketahui positif usai menjalani tes swab di Laboratorium Kimia Farma Jakarta sebagai syarat untuk naik pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon, Dana Sujaksani mengatakan S merupakan salah satu kapten kapal yang mengangkut bahan pertamax ke Pelabuhan Pertamina di Merak.

Kapal tersebut, kata Dana, sampai di Pelabuhan Pertamina Merak pada 26 Juni 2020 dan langsung dilakukan pemeriksaan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Semua awak, termasuk dia (S) ini clear, tidak terpapar sehingga akhirnya boleh turun,” kata Dana kepada awak media, Kamis (2/7/2020).

Dana menjelaskan, pada 27 Juni 2020, S menginap di Hotel The Royal Krakatau, Kota Cilegon. Saat hendak pulang ke negaranya Pakistan, S diharuskan untuk melakukan tes swab terlebih dahulu sebagai salah satu syarat naik pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta.

“Untuk naik pesawat, harus ada hasil PCR (polymerase chain reaction). Pada 27 Juni yang bersangkutan melakukan tes swab di Lab Kimia Farma. Pada tanggal 30 Juni hasilnya positif covid-19,” jelasnya.

Masih kata Dana, S semula dijadawalkan pulang ke Pakistan dengan pesawat Qatar Airline. Namun, lantaran dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, kepulangan S akhirnya ditunda.

Dana mengatakan, S kemudian dipulangkan kembali ke Hotel Royal Krakatau Cilegon. Saat ini S sudah dirujuk ke RS Wisma Atlet Jakarta untuk menjalani perawatan medis lebih lanjut.

“Kami tahu informasi itu tanggal 1 Juli,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: