Tiga Balon Perseorangan Siap Bertarung di Pilkada Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - KPU Cilegon telah menerima surat mandat liaison officer (LO) operator sistem informasi pencalonan (Silon) dari tiga bakal pasangan calon (Balon) yang akan ikut serta dalam kontestasi Pilkada Cilegon 2020 melalui jalur perseorangan.
Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi/Foto Repro rmol.co/NET

Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, tiga bakal pasangan calon dari jalur perseorangan tersebut yaitu Malim Hander Joni – Hawasi Sabrawi, Lukman Harun – Nasir, serta Ali Mujahidin – Lian Firman.

“Yang sudah menyerahkan surat mandat LO nya ada tiga pasang, dan itu nanti kita siapkan waktu di tanggal 19 sampai 23 (Februari 2020). Saat ini mungkin mereka sedang melakukan proses input data ke Silon, dan kita sudah memberikan keywordnya, akses untuk ke Silon itu. Kemudian mereka nanti akan mengunduh form nya itu dari silon yang sudah mereka input,” kata Irfan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/1/2020).

Ada beberapa tahapan berbada untuk bakal calon perseorangan. Irfan menuturkan, pada pelaksanaan Pilkada 2020 ini berbeda dengan Pilkada 2015, dimana proses penyerahan syarat minimal dukungan, verifikasi administrasi, serta verifikasi faktual, dilakukan diawal sebelum pasangan calon melakukan pendaftaran yang tahapannya dilaksanakan KPU pada 16-18 Juni 2020.

“Karena memang tahapan perseorangan ini agak berbeda dengan (Pilkada) tahun 2015. Proses MS (memenuhi syarat) dan TMS (tidak memenuhi syarat) nya itu kita lakukan sebelum masa penyerahan atau pendaftaran calon, di tanggal 16-18 Juni. Sehingga bakal pasangan calon perseorangan, statusnya itu nanti akan kita tentukan sebelum pendaftaran calon,” tutur Irfan.

Irfan juga mengatakan, penyerahan syarat minimal dukungan pasangan calon dari jalur perseorangan, masih sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin turut serta dalam kontestasi Pilkada Cilegon 2020.

“Kita mengimbau kepada semua pasangan calon yang sudah menyiapkan LO, ataupun memang ada diluar yang masih (ingin mengikuti kontestasi Pilkada Cilegon 2020-red), karena tahapannya masih ada waktu untuk menginput data di Silon. Bagi yang lain kalau masih ada yang minat yah silahkan, mengikuti prosedur yang ada,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: