Tiket Penyeberangan Ditutup, H-7 Pelabuhan Merak Sepi Penumpang

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Layanan pembelian tiket bagi penumpang dari Pelabuhan Merak yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni telah ditutup....

Penutupan tersebut menyusul adanya Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 25 tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah.

Berdasarkan pantauan, tujuh hari jelang Lebaran Idulfitri 1441 Hijriah, suasana arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten terlihat lengang dan sepi penumpang.

General Manager (GM) PT. ASDP Cabang Merak, Hasan Lessy menyampaikan, saat ini pihaknya telah menutup layanan pembelian tiket bagi penumpang, namun ada pengecualian bagi penumpang yang membawa surat kelengkapan dari Peraturan Pemerintah.

Dimana penumpang yang diperbolehkan menyeberang harus memenuhi syarat sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19).

“Ada pengecualian bagi penumpang yang memiliki kelengkapan surat kesehatan untuk menyebrang. Karena, sebelum menyebrang petugas gabungan dari TNI, Polri dan Dinas Perhubungan akan memeriksa penumpang yang akan menyebrang. Baik pejalan kaki, sepeda motor, bus maupun kendaraan pribadi yang lolos menyeberang ditengah pemberlakuan larangan mudik untuk memutus mata rantai Covid-19,” tutur Hasan, Senin (18/5/2020).

Selain penumpang yang membawa surat kelengkapan sesuai peraturan pemerintah, kata Hasan, kendaraan truk ekspedisi yang mengangkut logistik dan lain sebagainya dapat berjalan normal seperti biasanya.

“Penumpang pejalan kaki, sepeda motor, bus, dan kendaraan mobil pribadi baru tidak diperbolehkan karena harus memiliki surat lengkap dari kesehatan dan pemerintah setempat dimana orang tersebut tinggal,” katanya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pelabuhan Merak, pengelola hanya mengoperasikan empat dermaga dari enam dermaga yang ada, serta hanya mengoperasikan 10-18 kapal.

“Dari total enam dermaga yang ada, hanya empat yang beroperasi atau melayani penumpang yang akan menyebrang ke Pelabuhan Bakahueni melalui Pelabuhan Merak Banten,” pungkas Hasan.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: