Tingkatkan Pelayanan, Polres Cilegon MoU Dengan Kantor Pos

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Polres Cilegon teken nota kesepahaman (MoU) kerjasama dengan Kantor Pos Cabang Cilegon yang diadakan di Aula Mapolres Cilegon, Selasa (18/2/2020)....
Foto bersama Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana beserta jajaran dan perwakilan manajemen Kantor Pos Cabang Cilegon usai penandatanganan MoU/Foto Spesial

Kerjasama tersebut sebagai upaya pihak kepolisian dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM) dan pemberitahuan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan (SP2HP) yang nantinya dapat diantar langsung (delivery) ke rumah melalui jasa Kantor Pos.

Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, kerjasama tersebut untuk mempermudah masyarakat yang memiliki sedikit waktu untuk mengurus pembuatan SIM serta mempermudah tugas kepolisian untuk menyampaikan SP2HP kepada masyarakat.

“Kebutuhan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dibidang SP2HP maupun SIM. Kita akan mengedepankan dan mempermudah masyarakat yang mungkin memiliki waktu sedikit,” katanya usai penandatanganan MoU dengan Kantor Pos Cabang Cilegon.

AKBP Yudhis menjelaskan, pembuatan SIM saat ini sudah dapat dilakukan secara online, dimana masyarakat dapat mempersingkat waktu dalam mengurus pembuatan SIM sehingga dapat ditinggal dengan membayar biaya tambahan SIM delivery, serta mempercepat tugas kepolisian melalui fasilitas kantor pos.

“SIM ini sudah online, pemohon bisa memperpanjang SIM di polres mana saja, termasuk Polres Cilegon. Sehingga bisa ditinggal, nanti akan di delivery oleh kantor pos cabang cilegon. Untuk SP2HP yaitu untuk mempercepat pemberitahuan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan yang dilakukan oleh penyidik, sehingga dengan kesibukan yang ada, melalui fasilitas kantor pos ini agar tepat waktu diantarkan kepada pelapor,” jelasnya.

Pelayanan dan fasilitas delivery tersebut, kata AKBP Yudhis, merupakan pilihan untuk masyarakat sehingga waktu yang biasanya tersita untuk mengurus pembuatan SIM atau mengambil SP2HP dapat diantarkan melalui jasa kantor pos.

“Sebetulnya ini hanya option, hanya pilihan untuk masyarakat, tidak ada kewajiban, kalau seandainya masyarakat ingin diberikan pelayanan lebih dengan membayar tambahan biaya yang sudah ditentukan oleh kantor pos, silahkan menikmati fasilitas SIM Delivery. Kalau untuk SP2HP sendiri itu dibebankan oleh biaya penyidikan. Yang SKCK sudah. Semuanya bersifat option tidak ada kewajiban kepada masyarakat,” ujarnya.

Zainal Mutakin

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: