WHO Ingatkan Bahaya Semprot Disinfektan ke Tubuh

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Cairan disinfektan ramai digunakan demi menekan penyebaran mikroorganisme pembawa wabah virus corona (Covid-19)....
Bilik Penyemprotan
Penyemprotan Disinfektan Langsung ke Tubuh di Dalam Bilik (Chamber)/Foto Repro/NET

Penggunaan disinfektan jadi semakin marak disemprotkan di jalan, rumah, hingga pembuatan bilik atau chamber dibeberapa lokasi sebelum memasuki ruangan.

Dengan maraknya hal tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia memperingatkan publik untuk tidak menyemprotkan atau memakainya langsung ke tubuh manusia, seperti dilansir CNN Indonesia, Senin (30/3/2020).

Karena beberapa kandungan bahan kimia dalam larutan disinfektan justru dapat menimbulkan resiko kesehatan.

“Jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang. Karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda,” tulis cuitan dari akun resmi WHO Indonesia di tweeter, Minggu (29/3/2020).

Bahan kimia yang dimaksud adalah alkohol atau klorin yang umumnya terdapat dalam kandungan bahan cairan disinfektan.

Menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia, menurut keterangan WHO, sebetulnya juga tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Alkohol dan klorin hanya bisa digunakan sebagai disinfektan virus dan bakteri pada permukaan benda. Dan ini pun, harus dimanfaatkan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera.

Uploader: Zainal Mutakin

Baca sumber:

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200329234522-255-488077/who-ingatkan-bahaya-semprotkan-disinfektan-langsung-ke-tubuh?

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: